Saat ini berjualan online cukup diganderungi oleh masyarakat indonesia, selain mudah dilakukan berjualan online juga memiliki pasar yg sangat tidak terbatas. Meski demikian berjualan online tetap memiliki resiko kegagalan seperti pada umumnya jika kita tidak dapat melakukan cara menjual produk yg tepat dan benar.
Terlebih lagi produk yg sering mendapat banyak penolakan dari konsumen, hal ini merupakan ujian berat yg perlu kita sikapi dengan serius agar bisnis dapat berjalan mulus layaknya yg kita harapkan.
Melihat produk tidak laku hingga menumpuk sepastinya membuat kita gerah, banyak kiat - kiat mungkin sudah dilakukan dengan tujuan produk terjual laris manis namun kenyataannya lagi-lagi hasilnya tidak jauh beda alias masih belum terjual.
Memahami siapa calon konsumen penting sebagai akurasi pemasaran yg kita lakukan.
Coba anda bayangkan, ketika anda menawarkan produk popok bayi kepada orang yg belum memiliki buah hati, tentu saja orang yg anda tawari tidak akan membeli produk popok bayi yg anda jual.
Jadi memahami konsumen sepatutnya kita ketahui sebelum turun gunung ke medan pemasaran agar produk yg kita jual sesuai dengan yg kita harapkan.
selain memahami konsumen memahami kompetitor wajib anda lakukan sebaik-baiknya karena kemungkinan besar penawaran yg anda lakukan kalah menarik dari kompetitor anda, bukan itu saja kemungkinan besar masih banyak kekurangan yg anda miliki mengakibatkan konsumen tidak tertarik berbelanja ke toko anda.
Terkecuali jika anda memiliki teknik marketing atau pemasaran yg baik, barang mahal sekalipun anda akan mampu mencetak penjualan produk dengan baik. Namun persoalan ini tidaklah mudah dan tidak juga dapat kita lakukan dengan menelan waktu yg singkat.
Maka lakukan riset dan tentukan harga produk sesuai harga pasar sebelum anda turun memasarkan produk yg anda jual dan jangan anda lupakan upayakan untuk merebut perhatian konsumen agar anda juga dapat mengimbangi persaingan dalam menjaring konsumen.
Harga menjadi fenomena yg wajar anda imbangi,
Disaat barang dagangan sepi pengusaha tanpa mental cenderung menyerah tanpa upaya, menariknya pengusaha bermental lebih menganggapnya sebagai tantangan yg sudah umum terjadi bagi setiap pelaku usaha.
Oleh sebab itu harga kesuksesan tidak dapat ditunaikan dengan uang melainkan dengan mental dan ilmu yg anda miliki.
#AGUSTIONO
Terlebih lagi produk yg sering mendapat banyak penolakan dari konsumen, hal ini merupakan ujian berat yg perlu kita sikapi dengan serius agar bisnis dapat berjalan mulus layaknya yg kita harapkan.
Melihat produk tidak laku hingga menumpuk sepastinya membuat kita gerah, banyak kiat - kiat mungkin sudah dilakukan dengan tujuan produk terjual laris manis namun kenyataannya lagi-lagi hasilnya tidak jauh beda alias masih belum terjual.
Apa yg perlu kita lakukan ketika produk yg kita jual kurang laku..?
A. Pahami konsumen anda.
Seringkali penjual kurang memahami target market dalam menjual produk sehingga produk sering mendapat penolakan yg pada akhirnya produk tidak laku.
Memahami siapa calon konsumen penting sebagai akurasi pemasaran yg kita lakukan.
Coba anda bayangkan, ketika anda menawarkan produk popok bayi kepada orang yg belum memiliki buah hati, tentu saja orang yg anda tawari tidak akan membeli produk popok bayi yg anda jual.
Jadi memahami konsumen sepatutnya kita ketahui sebelum turun gunung ke medan pemasaran agar produk yg kita jual sesuai dengan yg kita harapkan.
selain memahami konsumen memahami kompetitor wajib anda lakukan sebaik-baiknya karena kemungkinan besar penawaran yg anda lakukan kalah menarik dari kompetitor anda, bukan itu saja kemungkinan besar masih banyak kekurangan yg anda miliki mengakibatkan konsumen tidak tertarik berbelanja ke toko anda.
Baca juga : Cara menjual produk di internet
B. Harga produk.
Sebagai penjual memang betul pelaku usaha berhak mematok harga jual seberapapun yg mereka inginkan, namun yg perlu kita sadari ialah harga jual dari kompetitor. Jika harga yg anda jual lebih mahal dari kompetitor anda kemungkinan ini alasan produk anda kurang laku.
Terkecuali jika anda memiliki teknik marketing atau pemasaran yg baik, barang mahal sekalipun anda akan mampu mencetak penjualan produk dengan baik. Namun persoalan ini tidaklah mudah dan tidak juga dapat kita lakukan dengan menelan waktu yg singkat.
Maka lakukan riset dan tentukan harga produk sesuai harga pasar sebelum anda turun memasarkan produk yg anda jual dan jangan anda lupakan upayakan untuk merebut perhatian konsumen agar anda juga dapat mengimbangi persaingan dalam menjaring konsumen.
Harga menjadi fenomena yg wajar anda imbangi,
Pada saat anda membeli kaos merek x dengan harga Rp.100.000 kemudian anda tanpa sengaja menjumpai kaos yg sama di jual dengan harga Rp.30.000
Melancarkan promosi gila misalnya menjual dengan diskon 50%, promo cuci gudang dan lain - lain adalah satu langkah konseptual yang membantu mengangkat penjualan dari stagnan menjadi prima.
Mungkin tak asing lagi ketika anda mengunjungi super market anda pernah menemui promosi gila, sadarkah anda hal itu merupakan program yang di tujukan untuk mengatasi penjualan.
Menariknya lagi taktik ini memang terbukti ampuh melonjakan penjualan barang yang semasa ini bercokol di gudang.
Namun yang perlu di garis bawahi ketika anda menggelar promo cuci gudang pemilihan tanggal dan hari harus anda pahami dengan hati - hati.
Apakah konten penting dalam menjual produk...???
Tentu saja sangat penting, karena jika anda dapat merancang konten yg efektif untuk produk yg anda jual maka anda dapat meningkatkan konversi penjualan.
Dengan membuat copywriting anda dapat mengendalikan pembaca untuk membeli produk yg anda jual.
Baca juga : Penyebab produk anda tidak laku.
C. Penempatan.
Penempatan mungkin salah satu alasan barang yg anda jual kurang laku, Bagaimana mungkin seorang pembeli akan membeli barang yang kurang laku tanpa sepengetahuan mereka jika anda sendiri tidak memetakan penempatan yang baik, atau mungkin produk yg diharapkan menjadi best seller karena margin yg didapat cukup menarik. Tentunya penempatan harus kita perhatikan.
Tempatkan produk pada bagian muka dan akhir dalam satu kumpulan produk toko fisik agar pengunjung dapat melihatnya, hal ini dapat dibuktikan dari hasil temuan penelitian psikologi (Hermann Ebbinghaus ) yg disebut "Efek posisi Serial (Serial position effect )" adalah kecenderungan seseorang untuk mengingat item pertama dan terakhir dalam seri terbaik, dan barang-barang yang tengah terburuk. contoh sederhana juga dapat kita buktikan ketika kita mengingat 10 daftar makanan maka otak manusia cenderung lebih mudah mengingat daftar makanan yg pertama dan terakhir.
Lain daripada itu adapun "Efek keutamaan (Primacy effect) menghasilkan manusia mengingat informasi utama yg disajikan lebih baik daripada informasi yg disajikan setelahnya.
Lain daripada itu adapun "Efek keutamaan (Primacy effect) menghasilkan manusia mengingat informasi utama yg disajikan lebih baik daripada informasi yg disajikan setelahnya.
Kasus seperti ini kerap terjadi dalam kehidupan kita misalnya tentang kisah jatuh cinta pada titik pandang pertama yg sering di jumpai di kalangan kaula muda.
Selain itu mungkin pernah anda temui sesaat anda membeli produk di sebuah toko. Pada saat anda melihat tatanan barang toko ketika itu pula anda tertarik melihat barang yg pertama anda lihat di bagian muka. Namun anda masih bergegas untuk menelusuri hingga di ruangan hilir toko. Beberapa saat kemudian setelah anda menggilir seluruh barang anda menimbang serta memutuskan mengambil barang yg pertama kali anda lihat.
Kasus ini juga banyak terjadi, oleh sebab itu andai kata saat ini produk yg anda jual tidak laku ubah penempatannya ke bagian paling depan, pastikan produk tersebut di lihat pertama oleh pengunjung anda.
D. Menggalakan promosi.
Melancarkan promosi gila misalnya menjual dengan diskon 50%, promo cuci gudang dan lain - lain adalah satu langkah konseptual yang membantu mengangkat penjualan dari stagnan menjadi prima.
Mungkin tak asing lagi ketika anda mengunjungi super market anda pernah menemui promosi gila, sadarkah anda hal itu merupakan program yang di tujukan untuk mengatasi penjualan.
Menariknya lagi taktik ini memang terbukti ampuh melonjakan penjualan barang yang semasa ini bercokol di gudang.
Namun yang perlu di garis bawahi ketika anda menggelar promo cuci gudang pemilihan tanggal dan hari harus anda pahami dengan hati - hati.
E. Teknik Copy writing.
Bagi yg mendirikan basis bisnisnya di internet bisa kita simak bersama apapun yg kita nikmati di ranah online ialah konten baik itu dikemas dalam bentuk tulisan maupun gambar dan video. Maka sebagai pemasar tentu kita diharuskan mampu merangkai konten yg baik dan menarik diutamakan konten yg dapat merangsang dan memicu konsumen untuk membeli.Apakah konten penting dalam menjual produk...???
Tentu saja sangat penting, karena jika anda dapat merancang konten yg efektif untuk produk yg anda jual maka anda dapat meningkatkan konversi penjualan.
Dengan membuat copywriting anda dapat mengendalikan pembaca untuk membeli produk yg anda jual.
Pertanyaannya , bagaimana konsumen akan membeli produk anda, apabila kenyataannya mereka enggan melihat penawaran anda..
Oke mulai saat ini anda sebagai penekun bisnis melalui internet anda di tugaskan untuk menyusun copywriting dengan teknik - teknik yg baik.
Oke mulai saat ini anda sebagai penekun bisnis melalui internet anda di tugaskan untuk menyusun copywriting dengan teknik - teknik yg baik.
F. Ubah Mental mudah menyerah.
Selaku penggiat bisnis fondasi utama untuk membangun kesuksesan dimulai dari mental. tidak sedikit calon pengusaha lebih mengutamakan modal materi ketimbang ilmu dan mental bisnis. Padahal kenyataannya ketahanan mental beserta ilmu adalah bekal sekaligus ujung tombak kesuksesan yg akan kita raih.Disaat barang dagangan sepi pengusaha tanpa mental cenderung menyerah tanpa upaya, menariknya pengusaha bermental lebih menganggapnya sebagai tantangan yg sudah umum terjadi bagi setiap pelaku usaha.
Oleh sebab itu harga kesuksesan tidak dapat ditunaikan dengan uang melainkan dengan mental dan ilmu yg anda miliki.
#AGUSTIONO
0 comments:
Post a Comment