Tuesday 15 September 2015

Apa Itu SEO dan Manfaat Bagi Bisnis Affiliasi

  No comments    
categories: , ,

Mengenal lebih dalam apa itu SEO dan Fungsinya bagi blog dan bisnis onlain

Apa itu SEO? SEO singkatan dari "Search Engine Optimize" atau dalam bahasa Indonesia SEO berarti "Optimasi Mesin Pencari". Jadi intinya, SEO adalah sebuah rangkaian upaya untuk meningkatkan peringkat baik di mesin pencari. Dalam pencarian sebuah mesin pencari menampilkan link - link ke halaman yang dianggap relevan dengan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna mesin pencari. Selain itu mesin pencari juga memperhitungkan jumlah dan kualitas link yang mengarah pada sebuh halaman web.

SEO terbagi menjadi 2 bagian, yaitu OnPage dan Off-Page. Dari kedua bagian tersebut harus berjalan seirama untuk mendapatkan hasil yang optimal. Dalam SEO, hal yang perlu Anda lakukan adalah menganalisa SEO kompetitor Anda terlebih dahulu. Lihat cara mereka melakukanya baru Anda menerapkanya pada blog Anda.


apa itu seo


Setiap situs atau blog memiliki kesempatan untuk menempati peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari, selama situs tersebut konsisten dalam menyajikan konten konten yang berkualitas tinggi hingga mendapatkan jumlah dan kualitas link dari beberapa situs lainya.

Lalu apa fungsi dan manfaat SEO untuk blog / website dan bisnis Onlain?

Jika kita berbicara mengenai apa itu SEO dan fungsinya bagi blog atau sebuah bisnis onlain seperti bisnis periklana Google adsense dan bisnis affiliasi, tentu manfaat SEO bagi bisnis seperti ini sangat menentukan jumlah pendapatan.

Tetapi tidak semua pelaku SEO menggunakan tehnik SEO untuk meningkatkan pendapatan. Ada yang semata mata hanya untuk mendapatkan pengunjung agar membaca artikel yang mereka tulis dan ada juga yang hanya sekedar hoby belaka.

Namun sebagian besar Pelaku SEO adalah seorang internet marketting. Mereka memanfaatkan SEO sebagai alat untuk menarik pengunjung untuk meningkatkan penjualan, tetapi mereka tidak melupakan tehnik terbaik untuk menawarkan produk mereka, yaitu dengan cara memikat pengunjung dengan konten konten yang berkualitas tinggi.

Contoh SEO untuk bisnis onlain

Jika Anda memiliki sebuah bisnis affiliasi tanpa memiliki peringkat tinggi di mesin pencari, tentu donk sangat sulit untuk mendapatkan jumlah pengunjung apa lagi penjualan produk dari affiliasi Anda. Berbeda jika Situs atau blog Anda memiliki peringkat baik di mesin pencari, tentu semakin tinggi pengunjung situs Anda dan semakin tinggi juga kemungkinan orang akan membeli produk yang Anda tawarkan dari situs Anda.

apa itu seo


Contoh SEO untuk publiser Google Adsense

Apa bila Anda adalah seorang publiser dari Google Adsense atau PPC lainya, tentu banyaknya pengunjung dari search engine itu sangat membantu untuk meningkatkan CTR, CPM Google Adsense. Coba bayangkan jika Anda hanya mengandalkan pengunjung dari sosial media dan blogwalking, pengunjung website Anda hanya berapa? dan pendapatan Anda dari Google Adsense mencapai berapa?

Walaupun SEO bukan satu satunya cara terbaik untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan penjualan, tapi SEO adalah hal yang perlu dicoba!

apa itu seo

Lalu bagaimana cara meningkatkan peringkat baik di mesin pencari dengan tehnik seo?

Nah inilah bagian puncak dari topik tentang apa itu seo dan mafaatnya. Untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik itu banyak faktornya mulai dari; konten, umur situs / blog, backlink dan masih banyak lagi.

apa itu seo


Kualitas konten adalah salah satu cara terbaik untuk mendorong situs lain untuk melink ke situs Anda. Namun untuk membuat konten yang berkualitas itu bukan soal mudah! Apalagi mendapatkan backlink dari berbagai situs berkualitas tinggi. Mungkin malah mendapatkan link dari situs berkualitas rendah.

Lalu bagaimana cara mendapatkan link dari berbagai situs?

Salah satu hal tersulit dalam SEO adalah untuk mendaptkan link dari berbagi situs berkualitas tinggi. Mengapa? karena tidak mungkin sebuah situs berkualitas melink ke website dengan konten yang buruk. Maka dari pada itu, untuk mendapatkan link berkualitas adalah dengan cara menyajikan konten berkualitas yang berdasarkan dari pengalaman pribadi dan hasil dari penelitian sendiri. Seperti apa yang dikatakan oleh Google.

apa itu seo



Tapi tenang! Jika Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan link dari situs berkualitas, masih ada beberapa cara kok untuk mendapatkan link.
  • Cara pertama adalah dengan cara bertamu posting di situs orang yang memiliki PA dan DA yang tinggi. Ikuti aturan yang mereka berikan dan pastikan Anda boleh menaruh link di situs mereka. (biasanya cara ini berbayar)
  • Cara kedua adalah dengan cara membuat thread di forum forum berkualitas. Cara ini bisa di bilang sama dengan cara pertama.
  • Cara ketiga adalah dengan cara membangun blog blog pribadi lain. Cara ini bisa dibilang dengan sebutan blog dummy. Cara ini menurut saya paling mudah dan gratis dibanding cara 1 dan 2, karena kita tidak perlu mengikuti aturan situs atau forum lain. intinya suka suka kita.

Jadi Kesimpulanya

Jadi kesimpulanya SEO adalah pekerjaan seni, dimana Anda dituntuk untuk kreatif dan fokus untuk menyajikan artikel artikel berkualitas dan uptudate.

Memahami apa yang dinginkan pembaca dan menyajikan artikel berkualitas adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan link berkualitas secara alami. Anda tidak pelu kuatir dengan link berkualitas rendah, jika Anda mendapatkan link secara alami dikemudian hari pasti bisa mendapatkan peringkat dan mendapatkan pengunjung untuk meningkatkan pendapatan dari bisnis onlain.

0 comments:

Post a Comment