Tuesday, 26 February 2013

Cara Meningkatkan Bisnis Anda

Meningkatkan Bisnis

Apakah anda memiliki bisnis? Anda sedang berusaha membuat bisnis yang sekarang anda tekuni berkembang pesat? Ingin agar omset dan pertumbuhan bisnis anda terus meningkat? Memiliki bisnis yang berkembang pesat dengan omset dan pertumbuhan bisnis yang terus meningkat tentu merupakan impian sebagian besar pebisnis. Tidak ada yang keliru dengan impian tersebut. Namun apakah anda tau caranya? Berikut ini saya akan menyajikan lima cara yang sangat berguna untuk meningkatkan bisnis anda, tak peduli apakah anda memiliki bisnis online maupun bisnis offline.

Segeralah untuk mempraktekan cara meningkatkan bisnis anda berikut ini :

1. Buatlah visi bisnis. Visi bisnis berperan sebagai pengarah gerak bisnis anda. Buatlah visi dan misi dengan jelas agar kesuksesan dalam bisnis anda dapat segera anda raih. Dan akan lebih baik lagi jika visi dan misi yang anda buat tidak melulu berorientasi pada keuntungan pribadi semata, namun juga hendaknya juga dapat memberikan efek positif yang nyata terhadap lingkungan secara luas.

2. Fokuskan pada produktivitas. Ketika produktivitas anda meningkat, otomatis hasil kerja andapun juga meningkat, dan itu berarti akan meningkatkan bisnis anda secara keseluruhan. Berusaha untuk meningkatkan produktivitas juga berarti terus berusaha untuk mengerjakan segala sesuatu dengan lebih efektif dan efisien. Evaluasi terus kinerja anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
3. Maksimalkan penggunaan sumberdaya. Lihatlah para pebisnis yang telah sukses. Mereka mempunyai kemampuan untuk memaksimalkan sumberdaya yang dimilikinya. Saat awal merintis bisnisnya, mereka dapat saja melakukan banyak hal seorang diri. Namun seiring berjalannya waktu, mereka mulai mendelegasikan tugas mereka kepada sumberdaya disekitar sehingga akhirnya mereka tidak terjebak dalam rutinitas bisnisnya.

4. Tak mudah menyerah & tak mudah puas. Salah satu rahasia meningkatkan bisnis adalah dengan memiliki sikap yang pantang menyerah. Saat bisnis anda menemui jalan buntu, jangan lekas menyerah. Fokuslah pada solusi untuk mengatasi jalan buntu tersebut. Begitu juga saat bisnis anda telah berjalan dengan lancar, jangan mudah puas dengan apa yang anda capai. Terus tingkatkan bisnis anda.

5. Lakukan sekarang juga! Untuk dapat memperoleh peningkatan bisnis yang ideal, anda harus mau menambah jam terbang. Jangan menunda lagi, lakukan sekarang apa yang telah anda rencanakan.

Itulah ke lima cara untuk meningkatkan bisnis anda. Anda memiliki tips maupun cara tersendiri untuk meningkatkan bisnis anda? Mari sharing dan bagikan pengalaman anda dengan meninggalkan komentar agar saya dan pembaca yang lain dapat saling belajar...

Monday, 25 February 2013

Tips Melakukan Link Building Yang Efektif

  No comments    
categories: ,
Membuat Link

Pada postingan sebelumnya saya sempat mengulas tentang link building untuk SEO blog. Telah dijelaskan mengapa link building penting bagi SEO blog anda. Kita juga telah mengetahui bahwa untuk melakukan link building diperlukan link yang berkualitas. Ya, link yang bersumber pada web yang memiliki reputasi yang baik, misalnya web yang memiliki pagerank tinggi. Web tersebut juga harus memiliki topik yang relevan dan berkaitan. Dan tak lupa anchor text pada link tersebut juga harus sesuai dengan topik bahasan sekaligus keyword yang kita bidik.

Nah setelah mengetahui hal tersebut, lalu pertanyaan selanjutnya ialah bagaimana cara melakukan link building yang efektif? Oke, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tips bagaimana melakukan link building yang efektif. Simak yaaa...

Internal Linking
1. Buatlah halaman sitemap untuk blog anda. Sitemap merupakan daftar isi yang berisi daftar link yang menuju ke seluruh artikel di dalam web ataupun blog anda. Selain baik untuk SEO internal linking, halaman sitemap juga menguntungkan pengunjung dalam menelusur blog anda. Tentu hal tersebut akan meningkatkan pageview di dalam blog anda.

2. Hubungkan antara postingan yang satu dengan postingan yang lain dengan menggunakan link. Gunakan anchor text yang sesuai dengan keyword dan topik yang sedang dibahas pada postingan tersebut. Hal ini juga akan membantu pembaca dalam memahami bahwa ada suatu hal yang tidak dijelaskan disatu halaman posting, tapi dijelaskan di halaman lain.

External Linking
Berbicara external linking erat kaitannya dengan link yang berlabel dofollow maupun nofollow. Link yang berlabel nofollow dapat dianggap sebagai backlink tapi akan diabaikan oleh google. Link berlabel nofollow akan diabaikan sebagai referensi yang berkualitas oleh google. Yahoo dan beberapa search engine lain tidak memperhatikan hal ini. Google memperhatikan kualiatas serta keterkaitan anchor text dari web ataupun blog yang memberikan backlink kepada web atau blog anda. Oleh karena itu mudah mendapatkan banyak backlink yahoo, sedangkan mendapatkan satu backlink dari google sangatlah sulit.

Langkah-langkah membangun external link :
1. Lakukan blogwalking untuk membangun backlink. Anda dapat berkomentar dan meninggalkan link web ataupun blog anda. Pada kolom website, anda tidak hanya dapat meninggalkan link halaman utama, anda juga dapat meninggalkan link halaman postingan anda. Tapi pada web ataupun blog baru, prioritaskan untuk mengoptimalkan link halaman utama agar dapat memperkuat visibilitas dan popularitasnya. Isikan nama komentator dengan anchor text, yaitu target keyword yang ingin anda optimalkan pada search engine. Prioritaskan pada blog dengan comment dofollow.
2. Submit blog anda ke direktori dan social bookmark, prioritaskan pada direktori dan social bookmark yang dofollow.
3. Link-link dari dalam web ataupun blog anda yang mengarah ke web ataupun blog lain juga termasuk external link. Hindari mengarahkan link anda kepada web yang memiliki reputasi buruk. Hal ini akan mengakibatkan reputasi anda menjadi menurun. Arahkanlah link anda kepada web yang memiliki reputasi yang baik. Dengan begitu search engine juga akan memberikan nilai tambah kepada web atau blog anda.

Optimalkan internal link dan external link dalam web ataupun blog anda guna meningkatkan SEO blog melalui link building!

Thursday, 21 February 2013

5 Tips Memperoleh Kepercayaan Konsumen

Mendapatkan Kepercayaan Konsumen

Di dalam dunia bisnis, baik bisnis online maupun bisnis offline, mendapatkan kepercayaan dari konsumen merupakan hal yang sangat penting. Rasa percaya yang diberikan konsumen kepada anda tentu sangat berpengaruh terhadap hasil yang anda peroleh. Oleh karena itu membangun dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen anda adalah hal yang sangat perlu untuk diusahakan. Lalu bagaimana cara mendapatkan kepercayaan konsumen?

Sebagian besar konsumen memberikan kepercayaan kepada anda karena mereka melihat sikap anda. Bagaimana tindakan dan cara kerja anda, lalu seberapa profesional anda dalam memecahkan masalah mereka dengan produk yang anda miliki. Itu semua tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi para konsumen anda. Namun ada satu hal penting yang jangan dilupakan. Apa itu? Bukti. Ya, tunjukan bukti kepada para calon konsumen anda agar mereka lebih yakin dan percaya.

Mungkin pekerjaan anda akan menjadi lebih berat apabila anda memberikan penjelasan panjang lebar, tanpa disertai dengan bukti-bukti yang menguatkan. Mereka akan sulit untuk yakin dan mempercayai anda. Seakan ada sebuah tembok besar yang menghalangi hati mereka untuk mempercayai anda. Lalu bagaimana? Cobalah untuk merobohkan tembok penghalang di hati konsumen anda dengan menerapkan tips-tips berikut...

Cara mendapatkan kepercayaan konsumen

Mendapat Kepercayaan Konsumen
Tunjukan Kredibilitas Anda. Secara umum, kredibilitas dapat diartikan sebagai kualitas diri untuk dapat dipercaya. Tunjukanlah sikap yang memang menunjukan anda pantas mendapatkan kepercayaan dari konsumen anda. Mulai dari cara anda memperlakukan mereka, misal anda selalu tepat janji, baik saat membuat janji temu, atau saat mengantarkan produk ke konsumen anda. Kuasailah pengetahuan mengenai produk anda dengan baik, dan gunakan pengetahuan tersebut untuk membantu konsumen anda dalam memecahkan masalah mereka. Rekomendasikan produk anda untuk membantu mereka secara tulus.

Pastikan Produk Anda Berkualitas. Jangan mencoba untuk membohongi konsumen anda dalam hal kualitas. Carilah produk yang berkualitas, karena kepuasan pelanggan adalah tanggung jawab anda. Jangan pernah membuat konsumen anda kecewa dengan memberikan produk dengan kualitas rendah. Jika mereka kecewa, kepercayaan mereka kepada anda akan pudar. Jika anda telah memiliki produk yang berkualitas, tugas anda akan menjadi sedikit lebih ringan. Anda hanya cukup meyakinkan mereka, dan kualitas produk yang nantinya akan berbicara.

Berikan Bukti Nyata. Berikan bukti jika produk anda memang berhasil. Jika anda pelaku MLM, maka tentu anda memiliki 2 produk. Produk anda dan juga peluang bisnis yang anda tawarkan. Tunjukan bukti jika produk anda bermanfaat. Anda dapat memperlihatkan testimoni-testimoni mereka yang telah memakai produk anda. Begitu juga dengan tawaran bisnisnya. Anda dapat tunjukan ada berapa banyak orang yang telah berhasil menjalan tawaran bisnis anda, siapa saja mereka, berasal dari latar belakang apa saja. Anda juga perlu transparan dengan penghasilan yang telah anda dapat dari bisnis yang anda tawarkan tersebut.

Biarkan Prospek Menguji Anda. Terkadang tentu anda menjumpai prospek yang banyak melontarkan pertanyaan kepada anda. Bersabarlah. Biarkan mereka menguji kemampuan anda. Ingat, semakin banyak ujian yang anda hadapi, tentu akan membuat anda menjadi semakin ahli. Dan yang terpenting ketika prospek anda selesai memberikan ujian kepada anda, biasanya mereka sungguh percaya kepada anda. Seiring berjalannya waktu, mungkin anda juga akan mendapatkan komplain dari pelanggan anda. Tunjukan sikap profesional dan segera selesaikan masalah tersebut.

Bangun Komunikasi Yang Baik. Lancarnya proses komunikasi anda dan calon konsumen berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Nah dalam bisnis online kita dapat mulai membangun komunikasi dengan menggunakan blog. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menyapa para pengguna internet dengan memberikan artikel yang bermanfaat. Selain itu turut aktif berkomentar, blogwalking, dan trackback juga dapat dilakukan untuk memperlancar komunikasi bisnis anda dengan calon konsumen.

Itulah kelima cara yang mungkin sudah sering anda dengar. Tapi coba ingat kembali, apakah anda sudah mencoba untuk mempraktekannya langsung? Coba baca kembali, pahami dan segera praktekkan dan lihatlah hasilnya. Saya yakin ada pengaruh positif jika kelima cara diatas dilakukan dengan sungguh-sungguh. Apakah anda memiliki pengalaman tersendiri tentang bagaimana cara memperoleh kepercayaan dari konsumen? Mari berbagi disini, agar saya dan rekan-rekan yang lain juga dapat bisa belajar dari anda mengenai membangun kepercayaan konsumen.

Tuesday, 19 February 2013

Link Building Untuk SEO Blog

  No comments    
categories: ,
Link Building

Pada postingan saya mengenai SEO On Page dan SEO Off Page, di bagian pembahasan SEO Off Page saya telah sedikit menyinggung mengenai pentingnya link building untuk meningkatkan SEO blog. Jika SEO blog anda semakin kuat, visibilitas bisnis online anda di internet dan di mata search engine juga akan semakin terlihat. Nah sebelum masuk lebih jauh pada pokok pembahasan kita mengenai link building untuk SEO blog, saya akan coba mengupasnya setahap demi setahap dari bagian yang paling luar agar lebih mudah lagi dipahami.

Baiklah, pertama-tama kita pahami dulu pengertian dari link. Link merupakan penghubung antara dua halaman web. Link dapat menghubungkan antara halaman utama dengan sub halaman yang lain ataupun sebaliknya. Dan link dapat pula menghubungkan antara sub halaman dengan sub halaman yang lainnya. Halaman itu dapat berupa post maupun article page. Link yang demikian biasa disebut dengan internal link.

Selain internal link, adapula external link. External link berupa link yang menuju ke suatu halaman website, namun lokasi link tersebut berada di website yang berbeda dengan website yang dituju. Sebagai contoh, saat anda mensubmit artikel anda ke suatu situs direktori artikel dan mencantumkan link aritkel di website ataupun blog anda, maka terjadi hubungan dari halaman direktori ke halaman artikel anda melalui link yang anda cantumkan. Itulah yang dimaksud dengan external link.

Pengertian Internal Linking dan External Linking lebih lanjut...

Link Building SEO Blog
Internal Linking berarti usaha membangun hubungan antar halaman yang bersesuaian di dalam website ataupun blog itu sendiri. Semakin baik internal link yang dibangun, maka semakin baik navigasi web anda di mata search engine dan di mata pengunjung. Pengunjung akan menjadi lebih mudah dalam menemukan artikel yang diinginkan maupun dalam mencari artikel dengan isi yang saling berkaitan. Search engine juga dapat dengan mudah memetakan link-link dalam web ataupun blog anda.

External Linking berarti usaha membangun hubungan antar halaman dari suatu web ataupun blog melalui link yang mengarah ke halaman web ataupun blog yang berbeda. Web ataupun blog yang memiliki link itu, berbeda dengan web ataupun blog yang dituju dari link tersebut. Hubungan saling keterkaitan tersebut menunjukan bahwa isi suatu web ataupun blog itu penting dimata web ataupun blog yang lain. Makin banyak dan berkualitas external link yang mengarah ke halaman di dalam web ataupun blog anda, maka semakin kuat visibilitas halaman tersebut di mata search engine. Halaman yang dianggap penting oleh search engine akan diberi peringkat yang baik di halaman search engine serta akan diberi pagerank juga.

"Link building berarti membangun link baik secara internal (internal linking) maupun secara eksternal (external linking)."
Jadi yang dimaksud dengan link building adalah usaha membuat dan meningkatkan jumlah dan kualitas link yang mengarah ke suatu halaman web ataupun blog anda (inbound link). Dengan meningkatkan jumlah dan kualitas inbound link maka popularitas dan visibilitas halaman web ataupun blog anda akan semakin terlihat oleh search engine. Hal ini tentu akan makin menguatkan SEO anda, karena halaman artikel yang dianggap populer oleh search engine akan memiliki peringkat yang baik sehingga akan mudah ditemukan oleh para calon pengunjung anda. Bagaimana? Mungkin ada yang ingin ditanyakan dari penjelasan saya di atas mengenai link building untuk SEO blog?

Menjalankan Bisnis Online Tanpa Web Atau Blog. Bisakah?

Bisnis Online Menggunakan FB Email eBay Forum

Apakah bisa menjalankan bisnis online tanpa menggunakan web atau blog? Pertanyaan semacam ini kerap melintas dipikiran para pelaku bisnis online pemula. Lalu apa jawabannya? Ya, tentu saja BISA! Belum atau tidak memiliki web ataupun blog bukanlah suatu halangan bagi anda untuk tetap dapat menjalankan bisnis online. Lalu bagaimana caranya? Simak poin-poin dibawah ini...

1. Bisnis Online melalui Facebook
Ada banyak teman saya yang bergelut dengan bisnis online, tapi mereka tidak memiliki web ataupun blog. Yang mereka lakukan yaitu berpromosi melalui facebook. Namun walaupun begitu mereka dapat meraih untung yang lumayan dan lebih dari cukup. Berbicara mengenai Facebook, andapun dapat membuat fans page untuk menambah visibilitas bisnis online anda.

2. Bisnis Online melalui Forum
Meskipun anda tidak punya web site maupun blog, anda tetap bisa berjualan dan menggelar lapak di forum-forum yang banyak tersedia di internet. Contohnya di salah satu forum terbesar di Indonesia, yaitu Kaskus, terdapat FJB (Forum Jual Beli) dimana membernya dapat melakukan promosi dan menjual barang dagangannya. Yang terpenting adalah anda posting di forum yang sesuai.

3. Bisnis Online melalui Email
Bagaimana caranya? Dengan email dapat melakukan bisnis online? Ya, salah satu caranya anda dapat mengikuti milis yang ada di internet. Yang dimaksud dengan milis yaitu group diskusi di internet, dimana setiap orang bisa berlangganan dan ikutserta didalamnya. Yang terpenting anda tidak melakukan spam dan scam. Serta promosi yang anda lakukan sesuai dengan topik yang dibahas dalam group tersebut.

4. Bisnis Online melalui Iklan
Tanpa menggunakan web ataupun blog, anda bisa juga menggunakan iklan baris. Yaitu dengan mencantumkan nomer kontak dan alamat anda pada iklan-iklan yang anda sebar di internet. Dengan begitu jika ada orang yang membaca iklan anda dan tertarik dengan penawaran anda, orang tersebut dapat segera menghubungi anda melalui nomer kontak yang anda cantumkan.

5. Bisnis Online melalui eBay
Apa itu eBay? eBay adalah ajang pasar online dunia, yaitu tempat para pembeli dan penjual online berkumpul dan berdagang apa saja. eBay menawarkan kesempatan yang tak terhingga  bagi semua orang untuk  membeli dan menjual di seluruh dunia. Melakukan bisnis online melalui eBay cocok bagi anda yang ingin melakukan bisnis online dengan pasar luar negeri.

Jadi bisa saja jika anda tidak memiliki web ataupun blog, tapi tetap ingin melakukan bisnis online. Kesempatan anda selalu terbuka, yaitu dengan menggunakan aset online orang lain. Misalnya dengan menggunakan web site orang lain, seperti Facebook, eBay, forum-forum seperti Kaskus, dll. Yang terpenting anda tetap harus mematuhi aturan dari pemilik web site tersebut.

Meski demikian, saya tetap menyarankan agar anda suatu saat dapat memiliki web ataupun blog sendiri untuk menunjang bisnis online anda. Lagi pula biaya untuk memiliki web sendiri sangat terjangkau. Masih lebih mahal membuka lapak di mall. Namun jika anda ingin menggunakan layanan gratisan, anda dapat segera membuat blog gratisan untuk bisnis online anda.

Monday, 18 February 2013

Tips Memotivasi Diri Sendiri Dan Orang Lain

  No comments    
categories: 
Memotivasi Orang Lain

Saat menjalani bisnis online, khususnya lagi seperti MLM online plus offline, motivasi kita terkadang sering naik turun. Terlebih lagi, kita tidak hanya harus pandai-pandai menjaga motivasi diri sendiri, namun juga harus menjaga motivasi anggota jaringan kita. Nah tentulah tugas kita sebagai pelaku MLM menjadi semakin berat. Tapi jangan khawatir, saya memiliki tips untuk memberi motivasi kepada diri sendiri dan orang lain. Yang perlu diingat, untuk mendapatkan hasil yang luar biasa tentulah dibutuhkan usaha kerja keras yang luar biasa pula. Oleh karena itu, jangan pernah menyerah untuk terus mengobarkan dan menjaga motivasi anda dan jaringan.

Tips Memotivasi Diri Sendiri Dan Orang Lain

Untuk dapat memberikan motivasi kepada diri sendiri, anda harus mengenali sumber pendorong motivasi dalam diri anda. Dengan mengenali apa yang menjadi sumber motivasi, maka anda akan tau bagaimana cara membangkitkan motivasi dalam diri anda, khususnya saat motivasi anda tengah turun. Pada dasarnya, sebagian manusia dapat dibangkitkan motivasinya dengan pendekatan yang positif. Sedang pada sebagian yang lain, dapat bangkit motivasinya dengan menggunakan pendekatan yang negatif. Lalu apa sebenarnya yang maksud dengan pendekatan positif dan pendekatan positif?

Begini, yang dimaksud membangkitkan motivasi dengan pendekatan positif yaitu motivasi dapat bangkit karena dorongan untuk memperoleh suatu kesenangan (positif). Jika anda termasuk kedalam golongan ini, anda akan lebih termotivasi jika dipancing dengan hal-hal yang menyenangkan (positif). Contoh nyatanya seperti ini, anda dapat memasang gambar-gambar yang menjadi impian anda di tembok dekat tempat tidur anda atau tempat lain yang sering anda lihat. Misalnya dengan memajang gambar rumah impian anda yang megah, mobil impian anda yang mewah, maupun tempat-tempat indah yang ingin dikunjungi ketika anda sukses. Percayalah, anda akan kembali bersemangat melakukan apa yang harus anda lakukan setiap kali anda melihat gambar tersebut. Rasa malas akan hilang dengan sendirinya.

Sedangkan yang dimaksud dengan membangkitkan motivasi dengan pendekatan negatif yaitu motivasi dapat bangkit karena dorongan untuk menghindari suatu hal yang kurang baik (negatif). Jika anda termasuk kedalam golongan ini, anda akan lebih termotivasi jika dipancing dengan hal-hal yang ingin anda hindari (negatif). Contohnya begini, anda dapat memasang gambar-gambar yang berkebalikan dengan impian yang ingin anda raih. Misalnya anda menginginkan rumah yang megah sebagai tempat tinggal anda, maka pajanglah gambar rumah reyot yang tidak ingin anda tinggali. Atau misalnya anda ingin memiliki mobil mewah, maka pajanglah gambar mobil butut yang tidak ingin anda miliki.

Lalu bagaimana jika ingin memotivasi orang lain?

Pada prinsipnya sebenarnya sama. Pertama, kenali sumber motivasi orang tersebut. Kemudian berikan motivasi sesuai jenis motivasi yang membangkitkan semangatnya. Jika teman yang ingin anda beri motivasi tersebut termasuk kedalam golongan orang yang mengejar kesenangan, maka motivasilah misalnya dengan meceritakan kisah-kisah sukses. Atau dapat juga dengan memberikan gambaran-gambaran keuntungan dan hasil yang akan dia dapat jika mau bekerja keras.

Begitu pula sebaliknya. Jika teman yang ingin anda beri motivasi tersebut termasuk kedalam golongan orang yang termotivasi karena ketakutan, anda dapat memberi dorongan yang sesuai. Misalnya dengan menceritakan kisah-kisah kegagalan yang dialami kebanyakan orang karena tidak mau berubah atau tidak mau bekerja keras. Niscaya mereka akan lebih termotivasi dengan apa yang anda sampaikan dan merekan pun akan menjadi lebih bersemangat.

Apapun pendekatan motivasi yang anda lakukan, tidak ada yang benar ataupun salah. Dan ingat, semakin baik cara berkomunikasi anda dengan teman-teman serta lingkungan anda, maka akan semakin baik pula hasil yang dapat anda capai. Bagaimana? Sudah mengerti kan cara untuk memotivasi diri sendiri dan orang lain? Ayo, mulai mengobarkan dan menjaga motivasi diri sendiri dan orang lain!

Thursday, 14 February 2013

Cara Meletakan Judul Posting Di Depan Nama Blog

  No comments    
categories: ,
Meletakan Judul Posting Di Depan

Apakah anda sudah paham dengan yang saya maksudkan? Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat pada tab browser anda di atas. Arahkan kursor ke tab browser anda dan diamkan sebentar, maka akan muncul keterangan mengenai nama blog beserta judul postingan yang sedang anda buka, seperti pada gambar berikut...

Begitu juga dalam tampilan hasil pencarian dari search engine, seperti pada gambar berikut...

Apabila nama blog berada didepan judul postingan, maka prioritas dari search engine akan berbeda. Padahal justru dijudul postinganlah kita seringkali dapat berkreasi dengan kata kunci. Satu blog hanya memiliki satu nama blog, tapi satu blog dapat memiliki banyak sekali judul postingan, iya kan? Selain itu, dengan menempatkan judul postingan di depan nama blog, akan memudahkan para calon pengunjung blog anda melihat judul postingan anda secara lengkap dalam tampilan hasil pencarian dari search engine. Karena biasanya judul postingan akan terpotong jika terlalu panjang.

Pada umumnya template-template yang masih asli dan belum disisipi hack SEO seperti template asli bawaan Blogger, masih BELUM menempatkan judul postingan di depan nama blog. Oleh karena itu bagi anda yang masih mengalami hal seperti ini dapat segera mengubahnya dengan cara berikut...

1. Login ke Blogger anda
2. Masuk ke Dashboard > Template > Edit HTML
3. Carilah (Ctrl+F) baris code seperti berikut, letaknya setelah <head> dan sebelum <b:skin> :

<title><data:blog.pageTitle/></title>
4. Jika sudah ketemu, gantilah baris code di atas dengan baris code berikut :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
     <title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
     <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>
Perhatikan tanda "|" berwarna merah di dalam baris code di atas. Tanda tersebut saya gunakan sebagai pemisah antara judul postingan denang nama blog. Anda bebas dapat menggantinya dengan tanda yang anda suka.

5. Kemudian klik "Simpan Template". Anda dapat langsung melihat hasilnya, yaitu dengan cara membuka salah satu postingan artikel anda. Lihat kembali ke bagian atas browser anda. Arahkan kursor ke tab browser anda, dan diamkan sebentar. Perhatikan perubahan yang terjadi pada judul posting dan nama blog anda.